Senin, 03 Oktober 2016

Apa Saja Makanan Antioksidan Tinggi

Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi




Mungkin Anda bertanya, apa sih antioksidan itu? perlu diketahui, bahwa dengan adanya antioksidan maka tubuh akan lebih kuat terhadap berbagai serangan penyakit.
Antioksidan berguna untuk melawan efek buruk dari radikal bebas (oksidan), seperti penuaan dini, stres, kanker, dan sebagainya. Oksidan yang berlibahan dalam tubuh dapat disebabkan oleh polusi tinggi atau gaya hidup yang tidak sehat.

Apakah kalian tahu, apa saja yang termasuk antioksidan? Antioksidan adalah senyawa penting termasuk polifenol, selenium, vitamin E, vitamin C, betakaroten, flavonoid, lutein, anthosianin, asam alpha lipoic, koenzim Q10, licopene, dan banyak lagi.

Dari mana tubuh memperoleh antioksidan? Antioksidan dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti buah dan sayur. Antioksidan tinggi dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untu melawan semua gangguan yang bersifat merusak.

Berikut beberapa makanan yang kaya antioksidan, yaitu:

Kacang-kacangan
Kacang merah kecil, kacang merah dan kacang pinto kering adalah kacang yang kaya akan antioksidan, protein dan serat.

Buah
Perbanyaklah mengonsumsi buah. Salah satu buah yang kaya akan antioksidan  dan mineral yaitu buah berrie seperti blueberry, blackberry, stroberry, rasberry, cranberry, dan kismis merah. Makan buah-buahan ini segenggam setiap hari untuk mendapat manfaat nutrisi penting ini.

Sayuran
Brokoli adalah sayuran yang mengandung antioksidan paling kuat, termasuk kale, kubis brussel, kol, sawi hijau, bayam, tomat, ubi jalar, wortel dan lobak. Sayuran ini juga mengandung serat penting yang membantu mencegah kanker.

Bumbu
Bahkan bumbu yang biasa tersedia di dapur juga memberikan antioksidan seperti bawang putih dan bawang merah.  Kayu manis, kunyit, cabai, jahe, dan oregano. Meskipun Anda hanya memakannya dalam jumlah sedikit, tapi masih banyak memberikan perlindungan.

Biji-bijian
Seperti quinoa, gandum dan berasmerah menyediakan cukup antioksidan, mineral, serat dan protein.

Minyak
Minyak kenari, minyak zaitun, minyak gandum dan minyak nabati tidak cuma mengandung antioksidan, tapi mereka dapat membantu menyerap vitamin antioksidan yang larut didalam makanan lainnya.

Teh hijau
Diperkaya dengan katekin dan polifenol, dimana keduanya efektif untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Teh hijau juga bisa membuat Anda awet muda, perbanyaklah minum teh ini.

Madu
Madu dapat menstimulasikan peningkatan kadar antioksidan dalam tubuh Anda. Madu juga dapat menjaga kecantikan kulit Anda jadi minumlah madu dengan rutin.

Demikian beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Dengan mengonsumsi makanan sehat kaya antioksidan tubuh akan lebih sehat dan terhindar ari penyakit nerbahaya lainnya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar